Call Us : 0822-4000-0020

Dijamin Bikin Baper! 10 Kuliner Gresik Paling Dirindukan di Perantauan

Home  >>  Berita  >>  Dijamin Bikin Baper! 10 Kuliner Gresik Paling Dirindukan di Perantauan

Dijamin Bikin Baper! 10 Kuliner Gresik Paling Dirindukan di Perantauan

Pulang kampung adalah momen paling ditunggu para perantau, baik yang sedang berburu materi maupun mengejar ilmu. Hitung-menghitung sisa cuti, tanggal merah, atau libur kuliah hingga kalender penuh coretan memang bikin baper berkepanjangan. Selain rindu rumah, keluarga, teman, tentu saja rindu pada kuliner kampung halaman. Mendengar 10 nama kuliner di bawah ini, biasanya para perantau akan langsung memesan tiket untuk pulang!

 

Sego Krawu

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap

masaera.com

Di kota-kota besar, kuliner ini sudah mulai banyak ditemukan. Namun, kenikmatan asli tentulah yang versi original dari kampung halaman. Sebutan sego krawu karena cara penyajiannya dengan tangan kosong (Bahasa Jawa: dikrawuk) tanpa sendok, resepnya diwariskan secara turun-temurun oleh perantau asal Madura. Berisi daging suwir, babat usus, lengkap dengan serundeng dua warna dan sambal petis. Seporsi sego krawu biasanya disajikan dalam pincuk daun pisang yang menambah aroma.

 

Otak-Otak Bandeng

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (1)

dewicitra.com

Seorang teman yang belajar di Yogya bercerita, setiap kali pulang ke Gresik dan kembali ke ‘medan perang’ selalu membawa setidaknya 20 porsi otak-otak bandeng untuk kembali dijual pada teman sekampus yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Membuat otak-otak bandeng memang dibutuhkan proses yang tidak sederhana. Bandeng terlebih dahulu dipukuli hingga dagingnya bisa dipisahkan dari kulit dan selanjutnya diolah dengan bumbu rahasia melalui metode slow cooking. Namun hasil tak pernah mengecewakan usaha karena citarasa yang dihasilkan sungguh luar biasa.

 

Martabak Mi Usus

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (2)

gresikku.com

Jajanan martabak memang bisa dijumpai dimanapun, tak hanya di Indonesia bahkan di seluruh Asia. Jenisnya pun bermacam, mulai dari yang manis hingga asin, isi daging hingga buah-buahan. Di Gresik, martabak dibuat berbeda dengan diberi isian bihun, telur, dan usus ayam pedas. Usus ayam yang semula tak banyak dikonsumsi kini laris di pasaran seiring populernya jajanan martabak mi usus. Mudah sekali menjumpai pedagang martabak mi usus di setiap sudut Pasar Gresik hingga Jalan Akim Kayat Gresik. Agar mendapatkan rasa yang lebih gurih dan tentu bikin nagih, pedagang martabak biasa menggunakan minyak gajih, yakni minyak yang berasal dari lemak padat lalu dicairkan. Cara menikmati martabak di Gresik juga tak kalah unik. Selain dicocol petis udang, martabak juga acap dinikmati bersama acar timun yang menambah segar di setiap gigitan.

 

Sego Roomo

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (3)
infogresik.info

Sekilas wujud tampilannya mirip bubur sumsum namun berwarna oranye hasil dari udang sangrai yang ditumbuk bersama cabai. Dinamakan Sego Roomo sebab kudapan ini memang bersal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar. Disajikan dalam pincuk daun pisang bersama rebusan daun api-api yang dulunya banyak tumbuh di tepi segoro (laut) di sekitar Desa Roomo. Lebih nikmat bila ditaburi kremesan kerupuk rambak, koya, serta ditambah sambal.

 

Opak Setan Giri

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (4)

 

opakgresik.blogspot.com

Cemilan ini biasa dipilih anak muda yang takut melar. Di tangan warga Giri, opak disulap jadi jajanan kekinian. Opak Setan, demikian namanya yang membuat siapapun pasti paham jika rasa pedasnya mampu membuat kita bergidik ketakutan. Lidah serasa terbakar, telinga seperti ditendang, dan airmata tak henti berjejalan. Mahasiswa perantauan pasti tak pernah melewatkan berburu cemilan maut ini setiap pulang kampung. Kapok sih, tapi nagih!

 

Ndog Iwak Bader

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (5)

 

infogresik.info

Tak hanya daging, kulit, atau kepala ikan saja yang nikmat diolah. Warga Gresik berhasil menyulap telur ikan jadi kuliner yang punya banyak penggemar. Salah satunya telur ikan bader yang lebih populer disebut Ndog Bader. Wujudnya mirip seperti bothok berbungkus daun pisang, lebih nikmat jika dipanggang atau dibakar. Terbuat dari telur ikan bader segar yang dihaluskan bersama bawang, cabai, dan telur ayam.

Bonggolan

 

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (6)

id.gresikku.com

Jika di Palembang ada pempek, di Bandung ada cuangki dan cireng, maka di Gresik punya bonggolan. Bentuk dan rasanya hampir serupa tapi tak sama. Bonggolan khas Gresik lebih terasa ikannya, berbentuk batang lonjong atau bonggol yang menjadi cikal bakal nama bonggolan.

 

Bungko Kopyor

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (7)

 

m.news.viva.co.id

Kuliner Gresik yang satu ini paling mudah dijumpai saat bulan Ramadan tiba. Biasa dibuat oleh masyarakat sekitar Mengare, Manyar, dan Sidayu untuk dijual di pasar takjil seputaran Gresik Kota Baru. Rasanya yang manis dan segar sangat cocok sebagai menu berbuka puasa. Berisi potongan roti tawar berkualitas, pisang raja, mutiara, serta daging dan air kelapa muda yang dibungkus daun pisang.

 

Kelo Kuning Sembilang

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (8)

 

infogresik.info

Segarnya kuliner Gresik satu ini tak perlu lagi diragukan. Ikan sembilang terkenal sebagai sumber protein tinggi yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Daging sembilang segar yang sudah dibersihkan direbus bersama kunyit, jahe, lengkuas, serai, asam jawa, dan bumbu-bumbu halus lainnya hingga tercipta rasa asam pedas gurih yang membuat ketagihan.

 

Ayam Bakar Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak Kuliner Zomato Open Snap (1)
Sejak awal kemunculannya di kota Gresik, Warung Apung Rahmawati langsung jadi rumah makan favorit. Menggabungkan konsep rumah makan tradisional dengan citarasa yang berkelas sebagai wujud apreasiasi pada warisan kuliner nusantara. Meski kini telah mempunyai 11 cabang di Jawa Timur, namun Warung Apung Rahmawati Gresik tetap menjadi tempat berpulang bagi para perantau. Menu ayam bakar adalah yang paling banyak diburu.

Kalian, paling kangen yang mana? Segera pesan tiket untuk pulang ya!

Be Sociable, Share!

One Comment so far:

  1. Dewi Andini berkata:

    Kangen Gresiiiik, hiks… pengen pulang!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *