Wajib Masuk Daftar Agenda, 5 Festival Kuliner Indonesia Bertaraf Dunia!

Home  >>  Berita  >>  Wajib Masuk Daftar Agenda, 5 Festival Kuliner Indonesia Bertaraf Dunia!

Wajib Masuk Daftar Agenda, 5 Festival Kuliner Indonesia Bertaraf Dunia!

   Berita   Agustus 1, 2016  No Comments

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak - Ubud Food Festival

Indonesian spices and herbs via www.ubudfoodfestival.com

 

Industri kuliner kini berkembang pesat seiring meroketnya bisnis ekonomi kreatif dan pariwisata. Di era sekarang, makanan tak hanya memanjakan perut namun juga menjadi komoditas visual serta ilmu pengetahuan. Ia disajikan, dipamerkan, lalu didiskusikan di mata dunia melalui sebuah ajang festival sebab kuliner adalah salah satu warisan pusaka yang mengandung nilai-nilai kehidupan serta sejarah yang panjang. Berikut deretan festival kuliner Indonesia bertaraf dunia yang sayang Anda lewatkan!

 

  1. Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF)

JFFF berkontribusi mengenalkan kekayaan Indonesia, salah satunya dalam dunia kuliner melalui Food Festival yang terdiri dari Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) dan Wine & Cheese Expo. Pada tahun ini, KTD kembali dihelat di La Piazza Mal Kelapa Gading dan diikuti sekitar 100 peserta UKM kuliner dengan lebih dari 200 menu.

Pengunjung sangat antusias menyambut aneka ragam kuliner tradisional khas Indonesia, terutama jenis jajanan masa lalu yang sudah sulit dijumpai sekarang. KTD juga dilengkapi dekorasi unik sehingga membuat pengalaman berkuliner Anda lebih seru. Tema dekorasi ala pecinan dipilih untuk KTD Jakarta Fashion & Food Festival 2016. Sementara dalam Wine & Cheese Expo, dibanjiri para pecinta wine dan winery Indonesia dengan didukung oleh produk-produk wine berkualitas dari berbagai negara serta produk lokal. Selain wine, dipamerkan pula produk keju, coklat, serta olahan berbahan dasar susu lainnya. Festival ini dihelat antara bulan April – Juni setiap tahun. Info lebih lanjut klik www.jfff.info

 

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak - JFFF

semarak pecinan via www.jfff.info

 

  1. Festival Jajanan Pasar Nusantara

Perkembangan zaman yang dinamis membuat generasi muda sekarang susah mengenali budaya leluhurnya, termasuk dalam dunia kuliner. Kini makanan jadul semakin tergerus dan tergeser di posisi kedua, dikalahkan kuliner asing yang merangsek masuk ke Indonesia. Dengan latar belakang tersebut, Kementrian Pariwisata menyelenggarakan Festival Jajanan Pasar Nusantara di Taman Kuliner Sleman, Yogyakarta

Selain sebagai ajang eksibisi, festival ini juga diharapkan mampu memperkuat Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan dan menjaring wisatawan domestik maupun asing untuk datang. Selain dapat mencicipi aneka jajanan pasar dari seluruh penjuru Nusantara, wisatawan bisa turut serta dalam perlombaan dan demo membuat makanan tradisional. Festival Jajanan Pasar Nusantara baru pertama kali dihelat pada 2 – 3 Juni 2016 dengan mendatangkan grup band Letto sebagai bintang tamu.

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak - Festival Jajanan Pasar Nusantara

kue serabi tak pernah mati via www.food.detik.com

 

  1. Festival Kuliner Serpong

Setiap tahun pada bulan Agustus – September, Festival Kuliner Serpong (FKS) digelar di Summarecon Mal Serpong Tangerang untuk mengenalkan dan mempromosikan kuliner asli Indonesia. Tak hanya itu, FKS juga berperan melestarikan seni budaya Nusantara kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Dalam festival ini ratusan jenis kuliner dihadirkan oleh 80 pedagang terpilih dari berbagai daerah. Mereka hadir dalam satu eksibisi kuliner akbar untuk memamerkan kelezatan rasa, teknik penyajian, serta kebersihan. FKS berkonsep outdoor dengan dekorasi unik nan meriah sesuai tema setiap tahunnya. Selain instagram-able, perut Anda akan sangat termanjakan. Stay tune @SerpongFoodFest untuk info lebih lengkap.

 

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak - Festival Kuliner Serpong

merayakan rasa via www.flickr.com

 

  1. Festival Jajanan Bango

Festival tahunan ini diusung oleh salah satu brand kecap manis terpopuler di Indonesia yang konsisten mengangkat tema masakan nusantara. Pada tahun lalu, Festival Jajanan Bango dihelat di Surabaya dengan tajuk “Persembahan Kuliner Barat ke Timur Nusantara”. Respon luar biasa datang dari 35.000 pengunjung demi mencicipi 38 legenda kuliner dari seluruh penjuru Indonesia yang dibedakan menurut asalnya; Area Indonesia Bagian barat, Area Indonesia Bagian Tengah, dan Area Indonesia Bagian Timur.

 

Dalam Festival Jajanan Bango 2015 dihadirkan pula dua legenda kuliner yang telah mengharumkan nama Indonesia melalui ajang World Street Food Congress 2015 di Singapura, yakni Kupat Tahu Gempol dan Ayam Taliwang Bersaudara. Selain mengajak berpetualang rasa, Festival Jajanan Bango juga mengajak masyarakat untuk menelusuri jejak-jejak sejarah serta mendorong kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap kekayaan warisan kuliner Nusantara. Follow twitter @WarisanKuliner untuk stay update informasi terbaru.

 

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak - Festival Jajanan Bango

melestarikan kuliner nusantara via www.blogspot.com

 

  1. Ubud Food Festival

Setelah sukses dengan Ubud Writers & Readers Festival, Janet DeNeefe kembali membesut festival berkelas dunia yakni Ubud Food Festival yang telah memasuki tahun kedua pada 2016. Dalam festival ini, kuliner Nusantara menjadi topik utama dengan kearifan lokal yang mampu menonjolkan ragam keunikan. Panel-panel diskusi digelar untuk membahas latar belakang, sejarah, serta makna dari budaya kuliner Nusantara yang menghadirkan pakar-pakar kuliner sebagai pembicara. Dengan mengikuti agenda panel diskusi dan demo memasak, pengunjung bisa memperkaya pengetahuan tentang kuliner Indonesia meliputi asal mula, pembuat, proses, aspek budaya, sosial, serta geografi yang mengelilinginya.

 

Ubud Food Festival 2016 menghadirkan deretan chef terkenal Indonesia maupun mancanegara, diantaranya adalah Sisca Soewitomo, Bondan Winarno, Farah Quinn, William Wongso, Bara Pattiradjawane, dan Rahung Nasution. Sementara dari mancanegara, juru masak dan jurnalis Petty Elliott turut meramaikan bersama ahli dessert New York City, Will Goldfarb. Selain itu hadir pula Eelke Plasjmeijer dari Locavore yang masuk dalam jajaran 50 restoran terbaik di Asia serta nama-nama lain yang sudah tak asing lagi di panggung kuliner dunia. Selama tiga hari di Ubud Food Festival, pengunjung juga dimanjakan oleh program-program lain seperti pemutaran film, parade musik, special dinner, high-tea, dan aneka workshop. Festival bergengsi ini dihelat setahun sekali berlatar indahnya lembah Campuhan di Jalan Raya Sanggingan, Ubud Bali. Follow instagram @ubudfoodfestival dan twitter @ubudfoodfest lalu jadilah bagian di dalamnya!

 

Warung Apung Rahmawati Rumah Makan Enak - Ubud Food Festival 2016

Janet DeNeefe dan Sisca Soewitomo di UFF via www.ubudfoodfestival.com

 

Bagaimana? Anda berminat menghadiri salah satunya? Atau bahkan sudah pernah berpartisipasi di dalamnya? Kami tunggu tambahan Anda di kolom komentar! (Put)

 

 

 

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *