Eits, Makanan Berikut Ternyata Jadi Kegemaran Pahlawan Kita

Home  >>  Berita  >>  Eits, Makanan Berikut Ternyata Jadi Kegemaran Pahlawan Kita

Eits, Makanan Berikut Ternyata Jadi Kegemaran Pahlawan Kita

   Berita   November 11, 2016  2 Comments

Kemarin, kita bersama-sama memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Kobar semangat dan tekad pantang mundur menjadi modal perjuangan hingga titik darah penghabisan. Di tengah perjuangan membela kedaulatan negara, ternyata pahlawan kita mempunyai hidangan kegemaran yang belum diketahui banyak orang. Simak yuk!

 

Nasi Jagung

Untuk hidup sehat, kandungan nasi jagung memang lebih baik bila dibanding nasi putih. Salah satu pahlawan yang begitu menggemari nasi jagung adalah Presiden RI pertama, Bung Karno. Setiap pagi Bung Karno tak mau ketinggalan menikmati nasi jagung sebagai sarapan. Menurutnya, jagung adalah lambang dunia tani yang kuat.

 

Nasi Jagung via www.belajar-usaha.com

Nasi Jagung via www.belajar-usaha.com

 

Rawon

Sup hitam nan lezat kebanggaan Indonesia ini sudah memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, termasuk Bung Karno. Pada era pemerintahannya, Rawon menjadi hidangan pada jamuan kenegaraan. Namun karena Rawon masih tergolong ‘barang mahal’ pada masa itu, maka Bung Karno tidak bisa menikmatinya sesering Nasi Jagung.

 

 

Tumis Kangkung

Dari Bung Karno, kita berpindah ke Bung Hatta. Ternyata Bung Hatta sangat menggemari Tumis Kangkung serta menu sayuran lain, seperti Sayur Bayam dan Sayur Asem. Wah, ternyata Bung Hatta punya gaya hidup sehat ya?

 

Tumis Kangkung Rahmawati via www.warungapung.com

Tumis Kangkung Rahmawati via www.warungapung.com

 

Ayam Bakar

Dari Jepara, kita mengenal sosok inspiratif penggagas emansipasi wanita. Pahlawan tersebut bernama Raden Ajeng Kartini yang begitu menyukai menu serba ayam seperti Ayam Bakar, Ayam Besengek, Ayam Goreng, dan Ayam Betutu. Ternyata Ayam Bakar memang membius siapa saja, tak terkecuali pahlawan kita.

 

Ayam Bakar Rahmawati via www.warungapung.com

Ayam Bakar Bumbu Rujak Rahmawati via www.warungapung.com

 

Bebek Suwar Suwir

Sewaktu menetap di Belanda untuk melanjutkan studinya, Sri Sultan Hamengku Buwono IX pernah menciptakan hidangan yang menggabungkan kultur Jawa dengan Eropa. Sri Sultan membuat steak yang bisa dinikmati bersama setup nanas dan diguyur saus kedondong mengandung rempah. Lalu, daging bebek yang telah difillet diungkep bersama bumbu rempah untuk digabungkan dengan setupnya. Jelas saja rasanya gurih bercampur segar. Penamaan yang unik ternyata berasal dari Mr. Smith, juru masak keraton asal Belanda yang menamakan menu tersebut “Swat Suur” namun mengalami pergeseran pengucapan oleh lidah Jawa menjadi Suwar Suwir.

 

Bebek Suwar Suwir via www.santapjogja.com

Bebek Suwar Suwir via www.santapjogja.com

 

Manakah dari makanan-makanan tersebut yang sama denganmu? Semoga tak hanya sama dalam selera, namun juga dalam semangat mempertahankan keutuhan negara. Bagi kamu yang ingin mencicipi hidangan terbaik ala pahlawan kita, Warung Apung Rahmawati menyajikan Tumis Kangkung serta Ayam Bakar terdahsyat di dunia.

 

 

 

2 Comments so far:

  1. Emakmbolang berkata:

    Aku seneng maem sego jagung dimaem karo ikan asin dan sambal. Mantappppp

    • Warung Apung Rahmawati berkata:

      Mimin juga suka nasi jagung, terutama kalau pakai ikan asin dan oseng-oseng daun pepaya sama pare. Lupa diet deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *