Call Us : 0822-4000-0020

6 Minuman ‘Wajib’ Dalam Tradisi Ramadan

Home  >>  Berita  >>  6 Minuman ‘Wajib’ Dalam Tradisi Ramadan

6 Minuman ‘Wajib’ Dalam Tradisi Ramadan

Ramadan datang disambut sukacita serta syukur yang mendalam. Berada di dekat keluarga saat Ramadan menjadi berkah yang tak tergantikan. Namun bagi Anda para perantau nun jauh di pulau seberang, tak ada salahnya berburu aneka sajian khas Ramadan agar selalu merasa dekat dengan keluarga tersayang.

 

1. Kolak

Rumah Makan Warung Apung Rahmawati - Kolak

www.seputarmakan.com

Sajian segar berbahan dasar santan yang direbus bersama gula merah atau gula pasir dan daun pandan ini memang menjadi kegemaran siapa saja. Berisi potongan pisang raja, ubi, singkong, labu, nangka, serta kacang hijau yang mampu membangkitkan selera setelah puasa seharian. Kolak pun tak hanya segar namun sekaligus mengenyangkan sebagai menu takjil pilihan.

2. Es Cincau

Rumah Makan Warung Apung Rahmawati - Cincau

www.dapursolo.com

Berwarna hitam atau hijau yang dihasilkan dari perasan daun suji, cincau juga berfungsi mengobati panas dalam dan melegakan tenggorokan. Selama puasa seharian, kita pasti kehilangan banyak cairan yang mengakibatkan tubuh lemas tak bertenaga. Dengan segelas es cincau saat berbuka puasa, dijamin gerah seharian pasti hilang.

3. Es Kolang Kaling

Rumah Makan Warung Apung Rahmawati - Es Kolang Kaling

www.layalli.wordpress.com

Buah pohon enau berbentuk bulat lonjong berwarna putih bening ini kadang diberi pewarna merah atau hijau untuk menambah cantik tampilannya. Apalagi jika dijadikan sebagai minuman penghilang dahaga, Kolang Kaling sangat tepat mengandung kadar air yang sangat tinggi. Cocok direbus bersama kayu manis, gula, dan daun pandan untuk dijadikan es setup yang mampu menghidupkan suasana berbuka puasa.

 

4. Es Kopyor

Rumah Makan Warung Apung Rahmawati - Es Kopyor

www.resepmakanan.me

Ide yang sangat kreatif berhasil menciptakan jenis minuman satu ini. Dengan bahan dasar agar-agar putih yang direbus bersama santan dari air kelapa muda serta gula pasir lalu disiramkan perlahan melewati dua bilah es batu yang bisa menciptakan sulur-sulur serupa serutan kelapa. Sirup rasa coco pandan ditambahkan untuk perasa manis dan wangi menyegarkan.

5. Es Buah

Rumah Makan Warung Apung Rahmawati - Es Buah

www.tabloidnova.com

Segarnya memang menggoda. Berisi potongan aneka buah warna-warni membuat siapapun tak sabar ingin segera menikmati. Manisnya berasal dari sirup atau gula pasir yang direbus bersama kayu manis dan daun pandan untuk menambah aroma wangi dan segar. Es Buah adalah minuman yang sangat populer di kalangan keluarga Indonesia terutama dalam tradisi berbuka puasa.

6. Es Campur

Rumah Makan Warung Apung Rahmawati - Es Campur

www.dapur-umum.com

Hampir mirip dengan Es Buah, Es Campur juga berisi aneka potongan buah seperti nangka, alpukat, kelapa muda, melon, dan blewah. Namun yang sedikit membedakan adalah adanya campuran bahan lain yakni cendol, roti, tape singkong, cincau, mutiara, susu kental manis, serta sirup berwarna merah. Rasanya tentu lebih segar dan manisnya pekat.

 

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *