5 Peran Guru yang Bikin Kita Rindu

Home  >>  Berita  >>  5 Peran Guru yang Bikin Kita Rindu

5 Peran Guru yang Bikin Kita Rindu

   Berita   November 25, 2016  1 Comment

25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional, yang kembali mengingatkan kita tentang peranan guru sebagai pencerah masa depan. Apa yang kita miliki sekarang—termasuk karir yang gemilang tentu tak lepas dari didikan dan kasih sayang mereka. Bicara tentang sosok guru, hal-hal inilah yang akan membuat kita rindu.

 

Guru TK Mengajar Bernyanyi dan Bercerita

Seorang guru TK tak hanya dibekali ilmu konvensional, tapi juga kecerdasan emosional. Bagaimana ia bersikap sabar dan tahan bantingan meskipun murid kecilnya lari-larian. Demi mengajarkan kita bernyanyi dan bercerita, guru TK tak segan terlihat seperti ‘orang gila’. Bukan merendahkan, namun totalitas mereka memang layak dihargai setinggi-tingginya. Bertepuk tangan, berjoget, tertawa, melompat-lompat, semua dikerjakan tanpa segan asal kita betah berada dalam kelas dan tertarik menirukan setiap gerakan. Guru TK adalah pintu gerbang kita mengenal kehidupan.

Kehangatan Guru TK via www.kaltim.prokal.co

Kehangatan Guru TK via www.kaltim.prokal.co

 

Guru SD Mendidik Kita Disiplin Mengerjakan Tugas

Menjadi seorang guru SD juga tak kalah susahnya dibanding guru TK. Masa ini dikenal sebagai masa transisi, menghadapi mental kita yang masih manja dan penakut hingga bisa dilepas sendiri. Saat SD kita kerap menjumpai guru yang suka menghukum karena tidak mengerjakan tugas, namun sadarilah bahwa mereka hanya ingin membentuk mental kita menjadi lebih bertanggungjawab.

Guruku Cantik Sekali via www.merdeka.com

Guruku Cantik Sekali via www.merdeka.com

 

Guru SMP Menjadi Penemu Bakat Kita

Kalau ada yang paling kita kenang, biasanya adalah guru SMP yang mulai mencium bakat terpendam dalam diri kita. Yang sukanya menulis, biasanya sangat akrab dengan guru Bahasa Indonesia, begitu juga yang pandai berhitung, biasanya sangat lengket dengan guru Matematika. Masa SMP adalah masa giat belajar tanpa kontaminasi dunia luar. Bahkan, kita jadi suka pilih-pilih teman.

Prestasi di Bangku SMP via www.hipwee.com

Prestasi di Bangku SMP via www.hipwee.com

 

Guru SMA Menjadi Saksi Kenakalan Kita yang Pertama Sekaligus Teman Bercengkerama

Masa SMA adalah masa paling indah, saat kita mulai belajar berekspresi lebih bebas dan penuh gairah. Tak jarang, guru SMA malah menegur kreativitas kita yang kebablasan, atau kenakalan kita yang berlebihan. Karena sering memberi hukuman, biasanya malah terjalin keakraban. Kita tak segan bercengkerama membahas hal-hal pribadi seperti urusan asmara, persahabatan, keluarga, hingga cita-cita.

Akrab dengan Guru SMA via www.bulungan.prokal.co

Akrab dengan Guru SMA via www.bulungan.prokal.co

 

Dosen di Universitas Adalah Pembuka Jalan

Meninggalkan bangku sekolah, kita lanjut ke bangku kuliah. Di sana sebutan guru beralih menjadi dosen meski dengan fungsi yang sama. Lebih spesialnya, dosen adalah fasilitator yang memberi banyak dukungan atas inisiatif kita, membuka jalan menuju global, hingga menjadi partner kerjasama yang tak ternilai harganya. Pemikiran seorang dosen berhasil mengubah cara pandang kita tentang kehidupan yang sesungguhnya.

Keseruan di Bangku Kuliah via www.instagram.com

Keseruan di Bangku Kuliah via www.instagram.com

 

Tak ternilai besarnya peran serta kasih sayang seorang tenaga pendidik demi membangun masa depan kita. Kapan terakhir kali menghubungi gurumu? Barangkali kini mereka telah memasuki masa pensiun dan merindukan hangat sapamu. Sebagai kejutan, tak ada salahnya mengirim paket delivery Warung Apung Rahmawati ke alamat guru-guru yang kita cintai. Semoga mereka para guru di Indonesia selalu dilimpahi kesehatan, keselamatan, serta kesejahteraan yang setara dengan pengorbanan. Selamat Hari Guru Nasional!

 

Be Sociable, Share!

One Comment so far:

  1. Reni Dwi Astuti berkata:

    Tapi sedihnya dikit2 guru skr dilaporkan polisi…

    #nunggu bingkisan dr warung apung hahahaha….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *