10 Daerah di Indonesia Ini Punya Sambal Paling Dahsyat

Home  >>  Berita  >>  10 Daerah di Indonesia Ini Punya Sambal Paling Dahsyat

10 Daerah di Indonesia Ini Punya Sambal Paling Dahsyat

   Berita   November 8, 2016  6 Comments

Cabai Merah via www.finallygoodnews.net

Indonesia memang dikenal sebagai ‘rumah’ bagi kuliner pedas, salah satunya adalah sambal. Sambal khas Indonesia memang sudah dikenal dimana-mana, sangat cocok jadi pelengkap hidangan di berbagai kesempatan. Berikut adalah sepuluh kota di Indonesia penghasil sambal paling dahsyat.

 

Padang

Padang adalah ibukota Sumatera Barat yang tak hanya memiliki pemandangan cantik, kulinernya pun sangat ciamik, salah satunya Sambalado Ijo. Pedasnya menyengat dan rasanya sangat melekat.

 

Sambalado Ijo via www.vemale.com

Sambalado Ijo via www.vemale.com

 

Bali

Di Pulau Dewata pun sama, kita tak hanya bisa menjumpai pemandangan sekelas surga tapi juga aneka hidangan pembangkit selera. Mulai dari Ayam Betutu, Ayam Suwir, Sate Lilit, hingga pelengkap terdahsyat bernama Sambal Matah. Paduan rasa pedas, segar, dan lezat sungguh sulit diungkapkan dengan kata-kata.

 

Sambal Matah via www.bisnisbandung.com

Sambal Matah via www.bisnisbandung.com

 

Manado

Terbang ke Sulawesi Utara, tepatnya di kota Manado, kita akan jumpai Sambal Roa yang membakar lidah. Terbuat dari bahan pilihan bercampur ikan roa asap yang mampu bertahan lama, sehingga sangat praktis dibawa kemana saja. Selain Sambal Roa, Manado masih menyimpan satu primadona lain yakni Sambal Dabu-Dabu yang cocok disanding bersama ikan bakar atau hidangan lainnya.

 

Sambal Roa via www.instagram.com

Sambal Roa via www.instagram.com

 

Bengkulu

Sebetulnya tak hanya di Bengkulu saja, namun di Sumatera Selatan, Palembang, hingga Lampung kita bisa menikmati Sambal Tempoyak yang berasal dari fermentasi buah durian. Keunikan sambal ini tentu terletak pada rasa dan teksturnya yang asam manis dan lembut.

 

Sambal Tempoyak via www.witnifood.blogspot.com

Sambal Tempoyak via www.witnifood.blogspot.com

 

Kediri

Kota yang kondang dengan Kampung Inggris ini ternyata juga punya sambal nendang bernama Sambal Tumpang. Meski terbuat dari tempe busuk, namun jangan salah duga, rasanya yang juara sangat layak dicoba.

 

Sambal Tumpang via www.diahdidi.com

Sambal Tumpang via www.diahdidi.com

 

Bandung

Bila selama ini stroberi lazim dimakan mentah sebagai buah, dibuat selai manis teman makan roti atau dibuat jus yang melegakan dahaga, maka di Bandung stroberi diolah jadi sambal segar tanpa menghilangkan kesan gahar. Tetap pedas membakar, dan nikmatnya susah dilupakan.

 

Sambal Stroberi via www.tips-cara.info

Sambal Stroberi via www.tips-cara.info

 

Madura

Lagi-lagi, jawara masakan pedas dan nendang adalah Madura. Di Pulau Garam kita bisa mencoba Sambal Petis Madura yang sangat cocok dinikmati bersama buah-buahan atau ikan bakar. Teksturnya lengket bagai gulali dengan dominasi rasa asin dan aroma ikan yang pekat.

 

Sambal Petis Madura via www.mangcook.com

Sambal Petis Madura via www.mangcook.com

 

Madiun

Selain di Madiun, Sambal Pecel juga banyak dikenal di kota-kota sekitarnya. Gurihnya tumbukan kacang berpadu cabai segar serta bahan-bahan pilihan menjadikan Sambal Pecel tak hanya nikmat, namun sekaligus beraroma kuat.

 

Sambal Pecel via www.resepdanmasakan.com

Sambal Pecel via www.resepdanmasakan.com

 

Tapanuli

Kembali lagi ke Pulau Sumatera, di bagian ujung, daerah Tapanuli, kita bisa mencoba Sambal Andaliman yang pedasnya tiada tandingan. Sangat cocok dinikmati bersama ikan mujair, ikan nila, atau ikan gurami goreng.

 

Sambal Andaliman via www.resepaneka99.blogspot.co.id

Sambal Andaliman via www.resepaneka99.blogspot.co.id

 

Gresik

Berpindah ke pesisir utara Pulau Jawa, di Kabupaten Gresik, Sambal Terasi memang acap disajikan untuk melengkapi nasi, lauk, serta lalapan. Bila Anda tak sempat membuatnya di rumah, cukup lajukan kendaraan menuju Pusat Oleh-Oleh Rahmawati di Jalan Raya Ambeng-Ambeng dan tak jauh dari Terminal Bunder. Dapatkan produk sambal terbaik yang juga cocok dikirimkan sebagai buah tangan.

 

Pusat Oleh-Oleh Rahmawati via www.warungapung.com

Pusat Oleh-Oleh Rahmawati via www.warungapung.com

 

Selain sepuluh sambal terdahsyat di atas, Indonesia tentu masih menyimpan sambal-sambal lain yang tak kalah nikmat. Manakah yang menjadi favorit keluarga Anda? Share artikel ini agar sambal khas Indonesia lebih banyak dikenal.

 

Be Sociable, Share!

6 Comments so far:

  1. Reni Dwi Astuti berkata:

    Sambala sambala sambalado terasa pedas terasa panas…
    makan tanpa sambal bagaikan sayur tanpa garam
    btw, aku blm pernah mampir di pusat2 oleh Rahmawati

  2. Emakmbolang berkata:

    Nonjok tenan postingan ini. Itu sambel durian sama strawberri belum coba, masuk list kuluner.

  3. Dini Zaki DNZ berkata:

    Sambal-sambal yang ditulis enak-enak. Bikin makan nambah2 hehehe. Tp sambal stroberi blm pernah denger n nyobain. Unik bgt pasti.

    Oya, favorit saya sambal korek. Pedasss 🙂

    • Warung Apung Rahmawati berkata:

      Terima kasih sudah mampir di blog kami, Mbak Dini. Selamat mencoba kreasi sambal asli Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *